Information for Human being

Gallery

Jumat, 27 April 2012

On 12.02 by Reza Ardiyansah   No comments


|===pendahuluan===| 

 Proses pengambiln keputusan dalam organisasi  ialah kumpulan yang terdiri dari beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama, didalam organisasi rentan terjadinya selisih pendapat begitu juga keputusan dalam mengambil sikap, dapat diartikan cara organisasi dalam pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan merupakan proses fundamental didalam organisasi, para manajer mengmabil keputusan berdasarkan informasi/komunikasi yang diterima.

|===bahasan===|


dalam kehidupan, baik kehidupan dalam keseharian, organisasi, perusahaan, negara, bahkan dunia pasti mengenal yang namanya pengambilan keputusan. untuk mengatasi masalah diperlukan untuk pengambilan keputusan setelah menganalisa permasalahan tersebut.
dalam pengambilan keputusan, terdapat beberapa metode yang sesuai teori pengambilan keputusan, diantaranya adalah :
  • Kewenangan Tanpa diskusi (authority rule without discussion)
metode ini sering dilakukan oleh para pemimpin yang terkesan militer. mempunyai beberapa keuntungan jika seorang pemimpin menggunakan metode ini dalam pengambilan keputusan, yaitu cepat, maksudnya seorang pemimpin mempunyai keputusan ketika oraganisasi tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menentukan atau memutuskan kebijakan apa yang harus diambil. Tetapi apabila metode ini sering dipakai oleh pemimpin akan memicu rasa kurang kepercayaan para anggota organisasi tersebut terhadap kebijakan yang telah diambil oleh pemimpin tanpa melibatkan para anggota yang lainnya dalam perumusan pengambilan keputusan.
  • Pendapat Ahli (expert opinion)
Kemampuan setiap orang berbeda-beda, ada yang berkemampuan dalam hal politik, pangan, tekhnologi dan lain-lain, sangat beruntung jika dalam sebuah organisasi terdapat orang ahli yang kebetulan hal tersebut sedang dalam proses untuk diambil keputusan, pendapat seorang ahli yang berkopeten dalam bidangnya tersebut juga sangart membantu untuk pengambilan keputusan dalam organisasi.
  •  Kewenangan setelah diskusi (authority rule after discussion)
Metode ini hampir sama dengan metode yang pertama, tapi perbedaannya terletak pada lebih bijaknya pemimpin yang menggunakan metode ini disbanding metode yang pertama, maksudnya sang pemimpin selalu mempertimbangkan pendapat atau opini lebih dari satu anggota organiasi dalam proses pengambilan keputusan. Terdapat kelemahan didalam metode ini, setiap anggota akan besaing untuk mempengaruhi pemimpin bahwa pendapatnya yang lebih perlu diperhatikan dan dipertimbangkan yang ditakutkan pendapat anggota tersebut hanya mamberikan nilai positif untuk dirinya dan merugikan anggota organisasi yang lain.

  •  kesepakatan (consensus)
Dalam Metode ini, sebuah keputusan akan diambil atau disetujui jika didalam proses pengambilan keputusan telah disepakati oleh semua anggota organisasi, secara transparan apa tujuan, keuntungan bagi setiap anggota sehingga semua anggota setuju dengan keputusan tersebut. Negara yang demokratis biasanya akan menggunakan metode ini. Tetapi metode seperti ini tidak dapat berguna didalam keadaan situasi dan kondisi yang mendesak atau darurat disaat sebuah organisasi dituntut cepat dalam memberikan sebuah keputusan.

|===kesimpulan===|

  pengambilan keputusan adalah kegiatan yang harus diperhatian keefektifitasannya baik jangka pendek maupun jangka panjang, kesalahan dalam pengambilan keputusan dapat mengakibatkan kerugian yang fatal dikarenakan segala sesuatunya haruslah dipikirkan berdasarkan keadaan dan keharusan dalam keputusan tersebut. dengan beberapa metode tersebut adalah hal-hal yang biasa di pakai dalam pengambilan suatu keputusan dalam organisasi.

sumber ;
www.google.com
http://zzzfadhlan.wordpress.com
On 11.43 by Reza Ardiyansah   No comments


|===Pendahuluan===|

Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi, banyak melalui perkembangan. Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi.

|===bahasan===|


Proses komunikasi yang efektif terdiri dari beberapa unsur dasar, beberapa unsur dasar yang dapat membuat komunikasi yang efektif ialah :
  • Komunikator
Komunikator adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi. Dengan kata lain, komunikator merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan. Seorang komunikator tidak hanya berperan dalam menyampaikan pesan kepada penerima, namun juga memberikan respons dan tanggapan, serta menjawab pertanyaan dan masukan yang disampaikan oleh penerima, dan publik yang terkena dampak dari proses komunikasi yang berlangsung, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  • Perantara
Perantara adalah seseorang atau sebuah badan perusahaan yang menjadi pihak tengah dalam suatu urusan. Seperti negara Singapore yang mana banyak devisa dari aktivitas perantara perdagangan perantara internasional dan mengambil sumber terutama dari Indonesia setelah sebelumnya membuat nama Indonesia buruk di mata dunia untuk hal perdagangan agar supaya konsep bisnis perantara mereka dapat berlangsung lama.

  • Penerima
   Penerima adalah pihak yang memperoleh pesan atau stimulus yang dikirmkan oleh sumber. Stimulus yang diterima tersebut dapat terdiri dari beraneka ragam bentuk, seperti kata-kata, tulisan, gerak-gerik, mimik muka, ekspresi wajah, sentuhan, aroma, serta perbuatan atau tingkah laku lawan bicara. Selanjutnya, peran penerima adalah mencerna dan menanggapi stimulus tersebut dengan mendengar, melihat, membau, atau merasakan.
  •  Pesan
Pesan adalah setiap pemberitahuan, kata, atau komunikasi baik lisan maupun tertulis, yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain. Pesan menjadi inti dari setiap proses komunikasi yang terjalin. 
  • Feedback

Balikan adalah isyarat atau tanggapan yang berisi kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan seorang pengirim pesan tidak akan tahu dampak pesannya terhadap sipenerima pesan Hal ini penting bagi manajer atau pengirim pesan untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar dan tepat.

 |===Kesimpulan===|
Komunikasi adalah suatu cara bagaimana kita dapat berinteraksi dengan subjek untuk saling bertukar pikiran. setiap manusia untuk melakukan sesuatu hal yang paling penting adalah komunikasi tentunya, karena dengan komunikasi kita dapat mengerti akan sesuatu, dan menambah banyak informasi baru. tentunya kembali lagi pada teori manusia adalah makhluk sosial, yang tidak dapat hidup sendiri. komunikasi adalah bagian dari teori kesosialan manusia.

sumber :
www.google.com
raitosun.blogspot.
wikipedia.
  
On 11.28 by Reza Ardiyansah   No comments
|===Pendahuluan===|

          Struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun Organisasi adalah suatu wadah berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai sebuah tujuan. Struktur Organisasi adalah Suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian secara posisi yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai tujuan.
Struktur organisasi adalah bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal.

 |===bahasan===|

Model desain struktur organisasi

Ada dua model ekstrem dari desain organisasi :

1. Desain Organisasi Mekanistik.
  • Proses kepemimpinan tidak mencakup persepsi tentang keyakinan dan kepercayaan.
  • Proses motivasi hanya menyadap motif fisik, rasa, aman, dan ekonomik melalui perasaan takut dan sanksi.
  • Proses komunikasi berlangsung sedemikian rupa sehingga informasi mengalir ke bawah dan cenderung terganggu tidak akurat.
  • Proses interaksi bersifat tertutup dan terbatas, hanya sedikit pengaruh bawahan atas tujuan dan metode departemental.
  • Proses pengambilan keputusan hanya di tingkat atas, keputusan Relatif.
  • Proses penyusun tujuan dilakukan di tingat puncak original, tanpa mendorong adanya partisipasi kelompok.
2. Desain Orgranisasi Orgranik.
  • Proses kepemimpinan mencakup persepsi tentang keyakinan dan kepercayaan antara atasan dan bawahan dalam segala persoalan.
  • Proses motivasi berusaha menimbulkan motivasi melalui metode Partisipasi.
  • Proses komunikasi berlangsung sedemikian rupa sehingga informasi mengalir secara bebas keseluruh orgranisasi yaitu ke atas ke bawah dan kesamping.
  • Proses interaksi bersifat terbuka dan ekstensif, bai atasan ataupun bawahan dapat mempengaruhi tujuan dan metode partemental.

Faktor penentu struktur organisasi           

  • Strategi
  • ukuran organisasi
  • teknilogi
  • lingkungan
Desain struktur organisasi modern
  • Struktur tim 

Struktur tim adalah pemanfaatan tim sebagai perangkat sentral untuk mengoordinasikan kegiatan-kegiatan kerja. Karakteristik utama struktur tim adalah bahwa struktr ini meniadakan kendala-kendala departemental dan mendesentralisasi pengambilan keputusan ke tingkat tim kerja. Struktur tim juga mendorong karyawan untuk menjadi generalis sekaligus spesialis.

  • Organisasi virtual

Organisasi virtual adalah organisasi inti kecil yang menyubkontrakkan fungsi-fungsi utama bisnis secara detail.

  •  Organisasi Nirbatas

 Organisasi nirbatas adalah sebuah organisasi yang berusaha menghapuskan rantai komando, memiliki rentang kendali tak terbatas, dan mengganti departemen dengan tim yang diberdayakan.

 

|===kesimpulan===|

model design suatu organisasi adalah suatu point penting dalam membentuk efektifitas dalam sebuah organisasi. setiap organisasi harus memiliki model strukturalnya tergantung dari bagaimana manajemen yang telah dibentuk oleh pembentuknya. model design memudahkan dalam kegiatan manajemen system suatu organisasi.

 Sumber :

www.google.com

http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_organisasi 

On 10.54 by Reza Ardiyansah   2 comments

Pengertian  Desain  Pekerjaan  

|===pendahuluan===|

Desain pekerjaan atau  job design merupakan faktor penting dalam manajemen terutama manajemen operasi karena selain berhubungan dengan produktifitas juga menyangkut tenaga kerja yang akan melaksanakan kegiatan operasi perusahaan. Desain  pekerjaan adalah suatu alat untuk memotivasi dan memberi  tantangan pada karyawan. Oleh karena itu perusahaan perlu memiliki suatu sistem kerja yang dapat menunjang tercapainya tujuan perusahaan secara efektif dan efisien  yang dapat merangsang karyawan untuk bekerja secara produktif, mengurangi timbulnya rasa bosan dan dapat meningkatkan kepuasan kerja,  desain  pekerjaan terkadang digunakan untuk menghadapi stress kerja yang dihadapi karyawan.



|===bahasan===|
 
Desain pekerjaan adalah rincian tugas dan cara pelaksanaan tugas atau kegiatan yang mencakup siapa yang mengerjakan tugas, bagaimana tugas itu dilaksanakan, dimana tugas dikerjakan dan hasil apa
yang diharapkan. menambahkan desain pekerjaan adalah fungsi penetapan kegiatan kerja seorang atau sekelompok karyawan secara organisasional. Tujuannya untuk mengatur penugasan kerja supaya dapat
memenuhi kebutuhan organisasi. Definisi diatas   menjelaskan  bahwa  desain pekerjaan dibuat oleh perusahaan   untuk mengatur tugas- tugas yang tepat sasaran , memberikan tugas kepada orang dengan kemampuan dan keterampilan yang  harus dimiliki untuk mengerjakan tugas tersebut demi mencapai sasaran dari perusahaan.  Sejalan dengan  Dessler (2004) desain pekerjaan  merupakan pernyataan
tertulis tentang apa yang harus dilakukan oleh pekerja, bagaimana orang itu melakukannya, dan bagaimana kondisi kerjanya. Desain pekerjaan meliputi identifikasi pekerjaan, hubungan tugas dan tanggung jawab, standar wewenang dan pekerjaan, syarat kerja harus diuraikan dengan jelas, penjelasan tentang
jabatan dibawah dan diatasnya. Desain pekerjaan menguraikan cakupan, kedalaman, dan tujuan dari setiap
pekerjaan yang membedakan antara pekerjaan yang satu dengan pekerjaan yang lainnya. Tujuan pekerjaan dilaksanakan melalui analisis kerja, dimana para menejer menguraiakan pekerjaan sesuai dengan aktifitas yang dituntut agar membuahkan hasil.
Desain pekerjaan merupakan keputusan dan tindakan manajerial yang mengkhususkan kedalam cakupan dan hubungan pekerjaan yang objektif untuk memenuhi kebutuhan orgranisasi serta kebutuhan sosial dan pribadi pemegang pekerjaan.
Strategi desain pekerjaan dikembangkan dengan menekankan pentingnya karakteristik pekerjaan inti. Strategi berdasarkan teori motivasi Herzberg yang mencakup peningkatan kedalam pekerjaan melalui pendelegasian wewenang yang lebih besar kepada pemegang pekerjaan. Tetapi pemerkayaan tidak dapat diterapkan secara universal karena tidak mempertimbangkan perbedaan individu.

Ukuran perbedaan individu mendorong untuk mengkaji cara meningkatkan persepsi positif terhadap keragaman. Identitas, arti, otonomi dan balikan akan meningkatkan prestasi kerja dan kepuasan kerja seandainya para pemegang pekerjaan memiliki kebutuhan pertumbuhan yang relatif tinggi.

Peningkatan dimensi inti pekerjaan.

Mengkombinasikan unsur tugas yakni menugaskanseluruh pekerjaan(modulkerja).
Kebijaksanaan memilih metode kerja.
Kendali atas kecepatan kerja sendiri.

Masalah desain ulang pekerjaan.

Program ini makan waktu dan biaya yang mahal.
Ditujukan untuk memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi di tempat kerja.
Ditolak serikat pekerja karena lebih banyak hasil kerja dengan upah yang sama.
 |===kesimpulan===|
 Jadi, dalam manajemen/strategi pekerjaan, salah satunya adalah desain pekerjaan, dimana hal ini sangat diperlukan karena dengan desain dapan meningkatkan  "Passion" dalam bekerja, secara psikis dapat menambah semangat dan mengurangi rasa bosan yang dapat menunda dan membuat pekerjaan itu
terbengkalai.







Sumber :

www.google.com
repository.usu.ac.id/
On 10.30 by Reza Ardiyansah   No comments


 
|===Pendahuluan===|
Setiap perusahaan, baik perusahaan dalam negeri atau perusahaanluar negeri pasti memiliki struktur organisasi. tergantung dari jenis industri yang menjual dan budaya dimana negara yang mereka tempati. Contohnya saja perusahaan konsultan dan perusahaan pertambangan. Struktur organisasi mereka bisa sangat berbeda. Umumnya pada perusahaan konsultan, jabatan tertinggi adalah “partner” sedangkan pada perusahaan tambang bisa CEO. Tipe struktur organisasi berpengaruh pada bagaimana komunikasi didalam perusahaan.


|===Bahasan===|
perbedaan dalam beberapa organisasi pasti terjadi, tergantung bagaimana strategi organisasi itu sendiri untuk mencapai masing-masing tujuan mereka. banyak faktor yang dapat membuat beberapa perbedaan setiap organisasi,  Berikut adalah beberapa faktor penyebab perbedaan organisasi tersebut.:
  • Strategi. Struktur organisasi adalah salah satu sarana yang digunakan manajemen untuk mencapai sasarannya. Karena sasaran diturunkan dari strategi organisasi maka logis kalau strategi dan struktur harus terkait erat. Lebih tepatnya, struktur harus mengikuti strategi.
  •   Ukuran. Ukuran adalah besarnya suatu organisasi yang terlihat dari jumlah orang dalam organisasi tersebut.
  •  Teknologi Organisasi. Teknologi organisasi adalah dasar dari subsistem produksi, termasuk teknik dan cara yang digunakan untuk mengubah input organisasi menjadi output.
Perbedaan struktur organisasi tersebut juga dapat timbul sebagai akibat ke 4 keputusan pimpinan di atas. Untuk mengukur perbedaan itu perlu mengenal ciri atau dimensi struktur yg dapat diukur.
Tiga dimensi yang di pakai yaitu :

KOMPLEKTISITAS.


Kompleksitas mengacu pada sejauh mana pekerjaan dalam organisasidispesialisasikan. Dalam pembentukan organisasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga terjalin hungan kerja sama antara unit-unit kerja yang ada di dalam suatu organisasi. Perbedaan- perbedaan yang timbul dalam suatu organisasi disebabkan karena adanya perbedaan-perbedaan baik yang bersifat tingkatan struktur dalam organisasi, keahlian anggota organisasi dan juga bidang tempat dimana individu dalam organisasi itu berada.

Tiga Komponen yang terdapat pada kompleksitas suatu organisasi antara lain :

Difrensiasi Horizontal
Difrensiasi Horizontal merupakan difrensiasi dimana tingkat difrensiasi antara unit-unit berdasarkan orientasi para anggotanya, sifat dari tugas yang mereka laksanakan, dan tingkat pendidikan serta pelatihannya. Dapat dikatakan bahwa semakin banyak pekerjaan yang ada dalam organisasi membutuhkan pengetahuan dan ketrampilan yang istimewa. Contohnya adalah di dalam suatu organiasi perusahaan terdapat seorang pegawai administrasi dan ada juga pengawai maintenance gedung walaupun keduanya memiliki tingakt jabatan yang sama tetapi mereka memiliki spesifikasi kerja yang berbeda-beda sesaui dengan latar belakang dan keahlian masing-masing.

Difrensiasi Vertikal
Difrensiasi Horizontal merupakan difrensiasi yang merujuk pada kedalaman struktur. Semakin banyak tingkatan antara Top Management dan tingkat hierarki paling rendah, makin besar pula kemungkinan terjadinya distorsi komunikasi dan koordinasi. Defersiasi Vertikal ini erat hubungannya dengan level / tingkat / jabatan suatu individu dalam suatu organisasi yang berimplikasi dalam tanggung jawab dan spesifikasi kerja mereka.

Difrensiasi Spasial
Difrensiasi Spasial merupakan difrensiasi yang merujuk pada sejauh mana lokasi kantor, pabrik, dan personalia yang tersebar secara geografis. Deferensiasi inilebih mengarah kepada kecenderungan perbedaan spesifikasi kerja individu yang diakibatkan perbedaan lokasi kerja.

SENTRALISASI.

Mengacu pada sejauh mana wewenang dipertahankan dalam pekerjaan pimpinan. Sentralisasi adalah memusatkan seluruh wewenang kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu struktur organisasi. Sentralisasi banyak digunakan pada pemerintahan lama di Indonesia sebelum adanya otonomi daerah.

Kelemahan dari sistem sentralisasi adalah di mana seluruh keputusan dan kebijakan di daerah dihasilkan oleh orang-orang yang berada di pemerintah pusat, sehingga waktu yang diperlukan untuk memutuskan sesuatu menjadi lama. Kelebihan sistem ini adalah di mana pemerintah pusat tidak harus pusing-pusing pada permasalahan yang timbul akibat perbedaan pengambilan keputusan, karena seluluh keputusan dan kebijakan dikoordinir seluruhnya oleh pemerintah pusat.

FORMALISASI.

Mengacu pada sejauh mana kebijaksanaan, peraturan dan prosedur ditetapkan secara tertulis. Formalisasi menunjukkan tingginya standardisasi atau pembakuan tugas-tugas maupun jabatan dalam suatu organisasi. Semakin tinggi derajat formalisasi maka semakin teratur perilaku bawahan dalam suatu organisasi.

Formalisasi bisa dicapai melalui pengaturan yang bersifat on the job dimana organisasi akan menggunakan lebih banyak peraturan maupun prosedur untuk mengatur kegiatan karyawan. Akan tetapi, formalisasi juga bisa dicapai apabila latihan maupun pendidikan dilakukan di luar organisasi (off the job), yaitu sebelum seseorang menjadi anggota organisasi.

Berbagai Teknik Formalisasi

Seleksi, persyaratan peran, peraturan, prosedur, kebijakan, pelatihan, dan ritual merupakan teknik-teknik yang digunakan dalam formalisasi. Berbagai teknik ini pada dasarnya bertujuan untuk membakukan jabatan dan pelaksanaan kegiatan. Peningkatan kompleksitas organisasi juga sering kali merupakan tindakan untuk membuat organisasi dengan lebih banyak bagian yang bersifat baku sehingga juga meningkatkan formalisasi.

Penganut teori X cenderung tidak mempercayai kreativitas bawahan dan lebih menginginkan bawahan bertindak sesuai prosedur baku sehingga lebih menyukai derajat formalisasi yang lebih tinggi.
|===kesimpulan===|
jadi perbedaan dalam kategori struktur dalam sebuah organisasi pastilah ada, tergantung dari bagaimani system dan cara kerja organisasi tersebut, serta bagaimana tujuan yang akan di raih oleh sebuah organisasi tergantung dari kebijaksanaan pemimpin, pelatihan para anggota, peraturan yang tepat pada tempatnya, antusias anggota, serta kekompakan dalam berorganisasi sangat diperlukan.
sumber :
www.google.com
http://raitosun.blogspot.com
www.organisasi.org  
  

Minggu, 08 April 2012

On 03.20 by Reza Ardiyansah   1 comment


Assalamualaikum Blogger .. :)

pada tulisan kali ini saya akan membagi bagaimana sih caranya mengganti Repository bawaan menjadi repository lokal ?

jika kalian masih bingung apa sih maksudnya file repository pada linux itu, kalian bisa baca di postingan saya sebelumnya.
untuk pengertian dan penjelasan apa itu Repository pada linux kalian dapat membacanya pada postingan saya di Pengertian File Repository Linux .

oke langsung saja ke poin penjelasan.

dalam linux untuk membuka tempat alamat repository itu berada dapat menggunakan terminal console, atau dengan nautilus file manager secara gui(graphic user interface).
tetapi saya akan menjelaskan dengan menggunakan terminal console.
pertama anda buka terminalnya dengan shortkey ctrl+alt+t

kemudian saat terminal sudah terbuka anda ketikan  command berikut :
~sudo nano /etc/apt/sources.list
(sebenarnya editor bisa juga menggunakan gedit text editor, namun untuk lebih mudah disini saya menggunakan nano, dengan alasan hampir semua linux memiliki nano editor secara default).

maka akan tampil seperti berikut :

 seperti biasa, jika anda belum masuk ke super user, gunakan command sudo agar kita mendapatkan hak akses penuh, setelah itu kita akan diminta untuk menginputkan password kita seperti biasa.

kemudian proses selanjutnya kita masuk ke editor nano tadi :
 pada repository diatas yang saya beri tanda # di awalnya adalah alamat repository default linux mint saya, saya beri tanda # agar terbaca sebagai komentar, dan tidak digunakan saat kita memanggil beberapa package. kemudian saya paste salah satu repository lokal, yaitu ftp.itb.ac.id yang seperti terlihat pada gambar diatas. jika sudah, tekan ctrl+x kemudian tekan y, lalu enter. 
dengan ini maka file repository sudah terubah menjadi server lokal.. :)

berikut adalah  beberapa repository lokal yang "Recommended" :
FOSS-ID
1deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
2deb-src http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
3deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
4deb-src http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
5deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
6deb-src http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
IndikaNET
1deb http://ubuntu.indika.net.id/ maverick main restricted universe multiverse
2deb-src http://ubuntu.indika.net.id/ maverick main restricted universe multiverse
3deb http://ubuntu.indika.net.id/ maverick-updates main restricted universe multiverse
4deb-src http://ubuntu.indika.net.id/ maverick-updates main restricted universe multiverse
5deb http://ubuntu.indika.net.id/ maverick-security main restricted universe multiverse
6deb-src http://ubuntu.indika.net.id/ maverick-security main restricted universe multiverse
ITB
1deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
2deb-src ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
3deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
4deb-src ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
5deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
6deb-src ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
ITS
1deb http://mirror.its.ac.id/pub/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
2deb-src http://mirror.its.ac.id/pub/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
3deb http://mirror.its.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
4deb-src http://mirror.its.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
5deb http://mirror.its.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
6deb-src http://mirror.its.ac.id/pub/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
Si komo
1deb http://komo.vlsm.org/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
2deb-src http://komo.vlsm.org/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
3deb http://komo.vlsm.org/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
4deb-src http://komo.vlsm.org/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
5deb http://komo.vlsm.org/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
6deb-src http://komo.vlsm.org/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
Undip
1deb http://jaran.undip.ac.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
2deb-src http://jaran.undip.ac.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
3deb http://jaran.undip.ac.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
4deb-src http://jaran.undip.ac.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
5deb http://jaran.undip.ac.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
6deb-src http://jaran.undip.ac.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
UGM
1eb http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
2deb-src http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
3deb http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
4deb-src http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
5deb http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
6deb-src http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
Kambing-UI
1deb http://kambing.ui.edu/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
2deb-src http://kambing.ui.edu/ubuntu/ maverick main restricted universe multiverse
3deb http://kambing.ui.edu/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
4deb-src http://kambing.ui.edu/ubuntu/ maverick-updates main restricted universe multiverse
5deb http://kambing.ui.edu/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse
6deb-src http://kambing.ui.edu/ubuntu/ maverick-security main restricted universe multiverse

Semoga bermanfaat :)

On 02.47 by Reza Ardiyansah   3 comments


Assalamualaikum blogger .. :)

oke, pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan apa sih repository files pada sistem operasi linux ..?
Linux adalah sistem operasi open source, yang artinya gratis dan diperbolehkan untuk dikembangkan oleh siapapun.
jadi kita dapat menggunakan, menyebarkan, bahkan  mengembangkan tanpa harus membayar. dalam sistem operasi ini, beberapa distro ada yang sudah lengkap menyediakan paket aplikasi seperti versi baru dari linux mint 11 (katya), 12 (lisa), ubuntu 10,11, dan lain lain.

namun ada pula distro yang memang tidak menyediakan paket aplikasi secara default pada proses instal pertama kali, seperti backtrack, distro ini sangat minim sekali dengan paket aplikasi seperti music player dan open office/libre office.

nah bagaimana dong kalo kita mau pasang/install aplikasi-aplikasi  tersebut ?
dalam linux, ada 2 cara dalam proses instalasi software.

cara yang pertama adalah secara manual, yaitu kita mencari file mentah, untuk linux turunan debian kita biasanya mencari package yang berekstensi (.deb). biasanya file tersebut di compres menjadi file dengan ekstensi .zip atau .tar.gz.
(untuk cara pengekstrakannya akan saya jelaskan pada postingan berikutnya).


cara yang kedua adalah dengan mendownload paket aplikasi dari file repository yang telah kita tentukan, saya sarankan agar anda mengganti alamat repository yang default menjadi repository lokal, karena proses download akan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan repo interlokal.


dalam proses download software ada 2 cara, kalau dalam linux yang sudah versi paling baru seperti mint/ubuntu sudah terpasang software "Package & software manager" kita hanya tinggal klik-klik saja tanpa harus mengetikan perintah. namun, user linux biasanya lebih menyukai mendownload melalui terminal console, karena lebih ringan sehingga kecepatan proses download juga dipengaruhi menjadi lebih cepat.


saya beri contoh untuk mendownload package dengan terminal misalnya :


~$ sudo apt-get install conky


karna kita belum masuk ke super user, maka kita gunakan command sudo yang berarti Super User Do, agar kita memiliki permission untuk mendownload file tersebut. kemudian kita isikan password kita lalu tekan enter. tapi ingat jangan kaget ya karena pada saat anda ketikan password tidak akan ada karakter yang muncul seperti tanda titik, asterisk atau x. karena untuk alasan keamanan.


kemudian selanjutnya yaitu :
kemudian ada proses confirmation, dengan 3 file baru yg akan diinstal 0 yg di hapus, dan 19 file yg tidak di upgrade, kemudian setelah proses ini selesai akan memakan ruang memori sebesar 1,950 KB. atau kurang lebih 1,9 MB.
kemudian anda akan menentukan apakah ingin melanjutkan proses atau tidak, untuk ya anda ketik "y" kemudian enter, jika tidak ketik "n" lalu enter.


maka proses selanjutnya yaitu :
proses diatas adalah proses mendownload file-file yg dibutuhkan, jika proses diatas sudah selesai, maka akan otomatis unpackaged dan menginstal conkynya.


maka proses terakhir penampakannya seperti berikut :
jika proses sudah selesai, maka anda hanya tinggal menseting aplikasi tersebut..


nah repository yang saya gunakan adalah repository lokal, untuk bagaimana cara mengganti alamat reposiitory akan saya jelaskan di Mengganti Repository Default menjadi Repository Lokal
semoga bermanfaat .. :)

Minggu, 01 April 2012

On 22.54 by Reza Ardiyansah   No comments


1. Pendahuluan

Dalam kehidupan ini tentunya kita sering kali dihadapkan oleh beberapa pilihan baik itu pilihan yang menguntungkan ataupun merugikan kita. Pilihan tentunya tidak dapat kita hindari begitu juga dalam ruang lingkup Organisasi. Keharusan untuk memutuskan atau memilih tidak dapat di hindari oleh setiap badan organisasi untuk mempertahankan organisasi yang telah mereka bentuk.

Manajerial, merupakan salah satu metode yang digunakan dalam penentuan keputusan. Dalam organisasi, manajer berperan dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan organisasi yang ia naungi. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang Keputusan Manajerial khususnya dalam hal menentukan struktur organisasi mereka. 

2. Pembahasan

Keputusan (decision) merupakan pilihan yang dibuat dari beberapa alternative yang tersedia. Pengambilan keputusan (decision making) adalah proses identifikasi masalah dan kesempatan kemudian memecahkannya. Pengambilan keputusan yang baik merupakan bagian vital dari maanjemen yang baik, karena keputusan-keputusan yang menentukan bagaimana suatu cara organisasi menyelesaikan masalah, mengalokasikan sumber daya dan meraih sasaran. Dengan demikian setiap manajer harus menajamkan ketrampilan dalam membuat keputusan. Pertumbuhan, kemakmuran atau atau kegagalan suatu perusahaan merupakan hasil dari keputusan yang dibuat oleh para manajer. Membuat keputusan bukanlah hal yang mudah. Keputusan harus dilakukan ditengah berbagai faktor yang terus berubah, ketidakjelasan informasi dan dan aneka pandangan yang bertentangan.

Struktur organisasi merupakan contoh dari salah satu hal dalam pengambilan keputusan majerial. Struktur organisasi adalah susunan komponen atau unit-unit kerja dalam suatu organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya suatu pembagian kerja dalam suatu organisasi tersebut. Pembagian kerja yang dilakukan oleh pihak manajer berdasarkan keahlian dan latar belakang setiap anggota untuk memajukan organisasi mereka.

Dalam pengambilan keputusan manajerial juga di kenal dengan Pendelegasian Wewenang. Pendelegasian wewenang merupakan sesuatu yang vital dalam organisasi. Atasan perlu melakukan pendelegasian wewenang agar mereka bisa menjalankan operasi manajemen dengan baik. Selain itu, pendelegasian wewenang adalah konsekuensi logis dari semakin besarnya organisasi. Bila seorang atasan tidak mau mendelegasikan wewenang, maka sesungguhnya organisasi itu tidak butuh siapa-siapa selain dia sendiri. Bila atasan menghadapi banyak pekerjaan yang tak dapat dilaksanakan oleh satu orang, maka ia perlu melakukan delegasi. Pendelegasian juga dilakukan agar manajer dapat mengembangkan bawahan sehingga lebih memperkuat organisasi, terutama di saat terjadi perubahan susunan manajemen.

Yang penting disadari adalah di saat kita mendelegasikan wewenang kita memberikan otoritas pada orang lain, namun kita sebenarnya tidak kehilangan otoritas orisinilnya. Ini yang sering dikhawatirkan oleh banyak orang. Mereka takut bila mereka melakukan delegasi, mereka kehilangan wewenang, padahal tidak, karena tanggung jawab tetap berada pada sang atasan. Berikut ada tips bagaimana mengusahakan agar para atasan mau mendelegasikan wewenang.
2.1 Pendelegasian

Pendelegasian (pelimpahan wewenang) merupakan salah satu elemen penting dalam fungsi pembinaan. Sebagai manajer perawat dan bidan menerima prinsip-prinsip delegasi agar menjadi lebih produktif dalam melakukan fungsi-fungsi manajemen lainnya. Delegasi wewenang adalah proses dimana manajer mengalokasikan wewenang kepada bawahannya.

2.2 Ada empat kegiatan dalam delegasi wewenang:

Manager perawat/bidan menetapkan dan memberikan tugas dan tujuannya kepada orang yang diberi pelimpahan.
Manajer melimpahkan wewenang yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
Perawat/bidan yang menerima delegasi baik eksplisit maupun implisit menimbulkan kewajiban dan tanggung jawab.
Manajer perawat/bidan menerima pertanggungjawaban (akontabilitas) atas hasil yang telah dicapai.

2.3 Alasan pendelegasian :

Ada beberapa alasan mengapa pendelegasian diperlukan.

Pendelegasian memungkinkan manajer perawat/bidan mencapai hasil yang lebih baik dari pada semua kegiatan ditangani sendiri.
Agar organisasi berjalan lebih efisien.
Pendelegasian memungkinkan manajer perawat/bidan dapat memusatkan perhatian terhadap tugas-tugas prioritas yang lebih penting.
Dengan pendelegasian, memungkinkan bawahan untuk tumbuh dan berkembang, bahkan dapat dipergunakan sebagai bahan informasi untuk belajar dari kesalahan atau keberhasilan.
Manajer perawat/bidan seharusnya lebih cermat dalam mendelegasikan tugas dan wewenangnya, mengingat kegiatan perawat dan bidan berhubungan dengan keselamatan orang lain (pasen). Oleh karena itu sebelum mendelegasikan tugas/wewenang hendaknya dipahami benar tingkat kemampuan dari perawat/bidan yang akan diberikan delegasi.

Kemudian yang termasuk dalam penentuan struktur organsisasi adalah Rentan Kendali. Rentang kendali merupakan jumlah bawahan yang dapat diatur manajer secara efektif dan efisien. Kecenderungan dalam tahun-tahun terakhir ini adalah ke arah rentang kendali yang lebih lebar karena rentang kendali ini konsisten dengan upaya perusahaan untuk mengurangi biaya, menekan overhead, mempercepat pengambilan keputusan, meningkatkan keluwesan, mendekatkan diri pada pelanggan dan memberdayakan para karyawan.
3. Kesimpulan

Keputusan manajerial adalah suatu hal mutlak yang akan terjadi dalam setiap organisasi. Menentukan struktur organisasi merupakan salah satu hal yang termasuk dalam keputusan manajerial. Dalam menentukan struktur organisasi, terdapat beberapa hal penting yang perlu di perhatikan, seperti Pembagian kerja, Pendelegasian wewenang, dan Rentan kendali dalam suatu organisasi. jadi dalam mengambil keputusan haruslah ditimbang, diukur dengan ilmu manajemen dalam suatu keorganisasian, sehingga mendapatkan suatu keputusan yang cermat, tepat, dan efisien.
On 08.08 by Reza Ardiyansah   No comments


Assalamualaikum ^_^ ..
 

          hotspot? pasti nya anda telah mengetahui kan dengan istilah yang sangat terkenal itu..apa sih hotspot itu ? hot = panas, dan spot=daerah/wilayah.. wahh bukan itu maksudnya kawan.. :hammer

          jadi istilah hotspot itu dalam ilmu teknologi jaringan adalah suatu wilayah tertentu yang memiliki sebuah jaringan internet yang di pancarkan oleh media pemancar sinyal, salah satunya seperti router yang kita semua telah ketahui. pemancar ini biasa disebut dengan jaringan nirkabel atau dalam bahasa inggrisnya adalah wireless yang artinya tanpa kabel. kebanyakan orang (terutama user yang tidak memang tidak ingin mengeluarkan banyak biaya lg untuk membeli paket internet) mengeluh, termasuk saya sendiri, menggunakan android phone tetapi saya tidak ingin membeli/berlangganan paket internet untuk mendownload game-game seru :D. karena saya memiliki internet, jadi kasian dong kalo internetnya nganggur gitu aja :D



oke.. yang sekarang mau saya bahas disini adalah gimana sih caranya kita bikin jaringan tersebut tanpa harus menggunakan/membeli router tersebut ? oke tanpa berlama-lama langsung saja saya jelaskan caranya.. dalam pembahasan ini OS yang saya gunakan adalah windows

alat-alat yang dibutuhkan :

  • Laptop yang memiliki fasilitas Wi-fi (ya iya lah)
  • laptop yang nantinya akan menjadi client untuk test koneksinya (tentunya memiliki fasilitas Wi-fi juga :P)
  • koneksi internet yang nantinya akan disharing (kalau saya memakai provider Smrtfrn(sensor dikit :D).
  • Listrik (:hammer).

langkah pertama untuk laptop yang akan dijadikan servernya harus memiliki minimal 1 jaringan ad hoc, untuk membuat ad hoc OS anda setau saya harus lah Windows XP, 7 ultimate version, karena versi sebelumnya tidak menyediakan fasilitas connection sharing. untuk cara pembuatan jaringan ad hoc dapat dilihat dalam postingan saya Disini .



jika anda telah memiliki jaringan ad hoc maka langkah selanjutnya adalah anda klik pada tray icon jaringan kamudian klik open network and sharing center seperti pada gambar berikut :
 kemudian ketika muncul jendela baru seperti ini :
anda pilih dan klik "change adapter setting" maka akan muncul jendela baru seperti berikut :
 Pilih dimana koneksi internet yang akan dibagi, misal disini:
EVDO Rev A USB Modem Wireless Terminal > Klik Kanan > Properties
1) Pilih Tab: Sharing
2) Centang: Allow other network...
3) Pada bagian Home Networking connection, pilih: Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter* kalo profile bisa saja: "Wireless Network Connection 2" atau yg lain yg penting adapternya = "Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter" > bs dilihat diproperti koneksi.
4) OK

kemudian anda buka command promt, namun kita membukanya dengan pada start menu, pada kotak search kita ketik cmd, kemudian klik kanan run as administrator.
kemudian pada command prompt kita masukan perintah berikut :
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid="Rz" key=pinksofaraway & netsh wlan start hostednetwork

 *keterangan : mode = allow (artinya kita mengijinkan untuk sharing koneksi internet kemedia lain, ssid=Rz (artinya adalah identitas jaringannya bernama Rz atau disesuaikan, dan key=pinksofaraway (yang artinya password dari jaringan yang telah kita buat.).

maka jika sudah bisa maka tampilan nya adalah sbb :

silahkan connect dengan media lain, apabila masih blum bisa connect coba lebih teliti lagi dalam tahap-tahap yang sebelumnya..
jika kita sudah selesai, untuk menghentikan/menghilangkan connection sharing (hotspot nya) dapat menggunakan perintah berikut :
 netsh wlan stop hostednetwork
maka tampilan saat proses dihentikan sebagai berikut :

Selamat mencoba ^__^v
On 06.22 by Reza Ardiyansah   No comments
       

        Assalamualaikum ^_^
untuk membuat jaringan ad hoc dalam penjelasan ini saya menggunakan OS Windows 7 Ultimate, disarankan untuk memakan Win 7/ XP ultimate version karena versi dibawahnya tidak menyediakan layanan network sharing .. :)

tanpa berlama-lama langsung aja saya jelaskan langkah-langkah membuat nya :


- pertama anda menuju ke taskbar kemudian pada tray anda klik icon jaringan kemudian klik open network and sharing center.


- kemudian jika muncul jaringan baru, maka kita klik manage wireless network (ada di sebelah kiri), kemudian muncul jendela berikut :

jika sudah tampil, langkah selanjutnya kita klik button "Add" kemudian ikuti langkah selanjutnya :
 
pilihan pertama adalah membuat jaringan secara manual, dan yang kedua membuat jaringan ad hoc. maka kita pilih opsi ke 2 yaitu "create an ad hoc network.

kemudian akan tampil jendela baru yang isinya adalah pengertian dari ad hoc..
kita langsung klik button Next saja ..


kemudian muncul jendela baru seperti berikut :


pada label network name kita isikan nama untuk jaringan ad hoc yang kita buat.. namanya terserah anda, untuk contoh diatas saya beri nama Rz. kemudian pada label Security Type adalah memilih tipe keamanan jaringan tersebut, ada 3 pilihan dalam combobox tersebut, no authentication atau tak ada otentikasi, artinya keamanan jaringan anda sangat lemah, dalam artian jaringan anda dibuka untuk umum. saya sarankan anda memilih tipe keamanan jaringan yang WPA2-personal.

kemudian pada label security key kita masukan layaknya password, maka ketika orang lain ingin mengakses/menghubungkan komputernya ke jaringan adhoc anda, maka orang itu harus menginputkan password dahulu, jika tidak bisa maka tidak bisa masuk, pada checkbox hide character berfungsi untuk menyembunykan karakter password tersebut, di dalam gambar saya uncheck maka terlihat tulisan pinksofaraway yang artinya karakter tersebut adalah password jaringan ad hoc saya. kemudian jangan lupa untuk check Save this network yang artinya anda menyimpan jaringan yang anda buat, sehingga saat anda menonaktifkan laptop anda jaringan tersebut tetap ada dan anda tidak perlu membuatnya lagi secara berulang-ulang.


jika sudah klik button next, tunggu beberapa saat, maka jendela baru akan muncul sebagai berikut :
pada window diatas menandakan bahwa jaringan ad hoc yang kita buat sudah dapat digunakan. klik close untuk keluar dari window tersebut.


untuk memeriksa apakah memang sudah terbuat, anda dapat mengklik icon di tray seperti sebelumnya maka akan tampil sebagai berikut :
dengan muncul nya jaringan Rz, maka sudah dipastikan jaringan ad hoc anda dapat terdeteksi oleh pc/laptop lain..