Information for Human being

Gallery

Minggu, 04 Maret 2012

On 09.12 by Reza Ardiyansah   No comments
Assalamualaikum ..

          pasti anda semua sudah mengetahui apakah itu linux ? linux adalah sebuah sistem operasi opensource atau bisa kita sebut gratis yang di ciptakan oleh Linus Trovald, tentunya dengan software/pakage yang gratis juga (non komersial).

karena sistem operasi ini open source, maka OS ini boleh di kembangkan atau dimodifikasi oleh siapa saja. setelah banyak pengembangan yang ada pada sistem operasi ini, linux di bagi menjadi beberapa distro seperti : Debian, Opensuse, Redhat, blank-on dan lain-lain. distro linux atau yang biasa kita sebut distribusi linux ini memiliki banyak aplikasi. setiap distro sangatlah bervarian dan memiliki keunggulannya masing-masing.
namun sesuai judul tulisan ini, yang akan saya bahas adalah distro debian.



          Debian adalah distro linux yang paling terkenal. banyak sekali yang menggunakan tipe ini. karena distro ini lebih mudah di mengerti dan memiliki tingkat interface yang sangat baik. selain itu faktor lain yang membuat distro debian menjadi distro yang paling sering di pakai karena debian adalah distro linux yang paling stabil digunakan. distro Debian diciptakan oleh Ian Murdock pada tanggal 16 agustus 1993. Distro Debian sering disebut sebagai pure GNU/Linux, dapat disebut debian adalah satu-satunya distro yang sampai saat ini masih mengikuti asas free software. debian memiliki sistem pemaketan dengan file berekstensi (.deb). debian memiliki file repository dengan paket yang sangat besar yaitu 20-40 Gigabytes. Debian memiliki beberapa jenis os linux yang dikembangkan oleh beberapa pengembangnya, diantaranya adalah : Linux Ubuntu, Linux Mint, Linux Backtrack. jadi ke 3 tipe yang saya sebut itu dapat menggunakan paket data yang sama, karena masih sama-sama linux dengan distro Debian.

Source : wikipedia, google.

0 comments:

Posting Komentar