Information for Human being

Gallery

Rabu, 05 Oktober 2011

On 23.14 by Reza Ardiyansah   No comments
Faktor – Faktor Perubahan dan Pengembangan Organisasi


Lingkungan Ekstern
Lingkungan ekstern adalah keseluruhan faktor yang ada diluar organisasi (faktor – faktor ekstern) yang mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi. Lingkungan ekstern tidak hanya mempengaruhi organisasi tertentu, tetapi juga terhadap semua organisasi yang ada di masyarakat. Faktor – faktor yang termasuk dalam lingkungan ekstern cukup banyak, diantaranya ialah :

1.      Politik, meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan pemerintahan, organisasi – organisasi politik (kepartaian). Pengertian politik dibedakan menjadi tiga macam yaitu politik praktis (prachtisce politiek), yaitu cara menjalankan dan mewujudkan politik dalam suatu negara/pemerintahan; politik teori (teoritische politiek), yaitu politik untuk pengajaran yang bersendi atas pengetahuan dalam sosiale structuur; dan kekuasaan politik (politiek-match), yaitu politik untuk mendapatkan pengaruh atau kekuasaan. Barang siapa dapat menguasai politik didalam suatu masyarakat atau negara, dialah yang mempunyai kekuasaan untuk membuat hitam-putihnya masyarakat. Yang mempunyai pengaruh langsung terhadap organisasi adalah politik praktis dan kekuasaan politik.
2.      Hukum, meliputi semua ketentuan yang berlaku yang harus ditaati oleh setiap orang baik secara individu maupun secara kelompok, mulai dari ketentuan hukum yang tertinggi sampai dengan ketentuan hukum yang terendah.
3.      Kebudayaan, meliputi kebudayaan material dan kebudayaan non-material. Kemajuan dalam bidang teknologi modern melahirkan industri-industri raksasa. Kebudayaan material mengenal sebagai macam alat dan barang-barang yang cara kerjanya secara mekanis, elektris atau secara elektronis, merupakan faktor yang berpengaruh cukup besar terhadap kehidupan organisasi. Dalam hal ini organisasi harus mampu menyesuaikan diri dengan hasil kebudayaan tersebut. Dalam kebudayaan non-material berbagai macam unsur yang sangat mempengaruhi tingkah laku manusia baik sebagai anggota kelompok maupun sebagai anggota masyarakat. Unsur – unsur tersebut antara lain meliputi nilai-nilai atau norma-norma masyarakat, latar belakang sejarah suatu masyarakat, kebiasaan, adat istiadat, ideologi, keyakinan keagamaan, dan sebagainya.
4.      Teknologi, ialah segenap hasil kemajuan dan teknik perkembangan industri peralatan modern. Ada pula yang memberikan definisi bahwa teknologi merupakan tindakan yang dilakukan oleh orang terhadap suatu obyek dengan mempergunakan alat-alat yang bekerja secara mekanis, elektris, maupun secara elektronis, untuk mengadakan perubahan tertentu terhadap obyek tersebut. Secara singkat dapat dikatakan bahwa teknologi adalah penerapan pangetahuan untuk melaksanakan pekerjaan. Dengan demikian teknologi meliputi tingkat perkembangan ilmu pengetahuan ddan teknologi dalam bidang manufaktur, dan fasilitas-fasilitas lain serta mencakup kemampuan masyarakat untuk mengembangkan dan menerapkannya.
5.      Sumber alam, meliputi segenap potensi sumber alam baik didarat, laut maupun udara. Berupa tanah, air, energi, flora, fauna, dan lain-lain termasuk pula geografi dan iklim.
6.      Demografi, meliputi sumber tenaga kerja yang tersedia dalam masyarakat, yang dapat diperinci menurut jenis kelamin, tingkat umur, jumlah dan bagaimana sistem penyebarannya.
Sosiologi, adalah ilumu tentang kehidupan manusia dalam lingkungan kelompok, atau ilmu tentang masyarakat. Sosiologi sebagai salah satu faktor lingkungan ekstern meliputi struktur sosial, struktur golongan, lembaga-lembaga sosial (bagaimana sifat dan pengembangan lembaga-lembaga tersebut).

Source :

  •        Robbins, Stephen P. 1994. Teori Organisasi. Jakarta : Arcan
  •        Wursanto, I.2002. Dasar-dasar ilmu Organisasi. Yogyakarta : ANDI.

0 comments:

Posting Komentar