Information for Human being

Gallery

Rabu, 05 Oktober 2011

On 23.18 by Reza Ardiyansah   No comments
Faktor – Faktor Perubahan dan Pengembangan Organisasi


Lingkungan Ekstern

Faktor-faktor yang telah diutarakan diatas dapat mempengaruhi dan akan menentukan sifat organisasi.
Dalam menghadapi berbagai macam faktor yang menyebabkan perubahan, organisasi dapat menyesuaikan diri dengan mengadakan berbagai perubahan dalam dirinya, antara lain :

1.      Mengadakan perubahan struktur organisasi. Struktur organisasi merupakan salah satu komponen organisasi yang sering menjadi sasaran perubahan. Perubahan struktur organisasi tersebut antara lain dapat dilakukan dengan jalan :
a)      Menambah atau mengurangi personil/pegawai.
b)      Menambah atau mengurangi pejabat.
c)      Menambah atau mengurangi satuan organisasi.
d)     Mengubah kedudukan satuan organisasi.
e)      Mengubah sistem desentralisasi menjadi sentralisasi atau sebaliknya.
f)       Mengadakan peninjauan kembali tentang pembagian tugas.
g)      Memecah beberapa satuan organisasi menjadi satuan-satuan organisasi yang lebih kecil.
h)      Menggabungkan beberapa satuan organisasi menjadi satuan organisasi yang lebih besar.
i)        Mengubah beberapa prinsip organisasi yang dianggap perlu, misalnya mengubah rentangan kendali yang sempit menjadi rentangan kendali yang lebih luas atau sebaliknya.
j)        Mengubah tipe organisasi yang sudah ada/yang sedang berjalan dengan tipe lain yang dianggap cocok.

2.      Mengubah sikap dan perilaku pegawai dengan mengadakan pembinaan, pengembangan, pendidikan dan latihan pegawai.
3.      Mengubah tata aliran kerja.
4.      Mengubah peralatan kerja sesuai perkembangan teknologi modern, pengembangan, pendidikan dan latihan kerja.
5.      Mengadakan perubahan prosedur kerja yang dapat meliputi :
a)      Perubahan prosedur kerja dalam penetapan kebijaksanaan.
b)      Perubahan prosedur kerja dalam perencanaan.
c)      Perubahan prosedur kerja dalam pengorganisasian.
d)     Perubahan prosedur kerja dalam penggerakan.
e)      Perubahan prosedur kerja dalam proses pengendalian.
f)       Perubahan prosedur kerja dalam pengambilan keputusan

6.       Mengadakan perubahan dalam hubungan kerja antar-personal, baik secara vertikan, diagonal, maupun secara horisontal.

Source :

  •        Robbins, Stephen P. 1994. Teori Organisasi. Jakarta : Arcan
  •        Wursanto, I.2002. Dasar-dasar ilmu Organisasi. Yogyakarta : ANDI.

0 comments:

Posting Komentar