Information for Human being

Gallery

Jumat, 11 April 2014

On 10.56 by Reza Ardiyansah   No comments


Pengertian Etika
Etika merupakan ilmu yang mempelajari mengenai nilai-nilai baik maupun buruk, dan berhubungan dengan hal-hal yang dianggap benar dan salah, kewajiban moralitas, serta kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak. Etika secara asal kata berasal dari kata etika = moral->”mos” yang berarti adat kebiasaan, yakni nilai dan norma yang menjadi acuan untuk mengatur tingkah laku seseorang di dalam komunitas kehidupannya. (Sumber Artikel)

Istilah Etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Bentuk tunggal kata ‘etika’ yaitu ethos sedangkan bentuk jamaknya yaitu ta etha. Ethos mempunyai banyak arti yaitu : tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kandang, kebiasaan/adat, akhlak,watak, perasaan, sikap, cara berpikir. Sedangkan arti ta etha yaitu adat kebiasaan. (Sumber Artikel)

Pengertian Profesi & Profesionalisme



Profesi

Profesi merupakan suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian atau keterampilan dari pelakunya.
PROFESI, adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian. Profesi berasal dari bahasa latin “Proffesio” yang mempunyai dua pengertian yaitu janji/ikrar dan pekerjaan. (Sumber Artikel)



Profesionalisme

Profesionalisme adalah komitmen para profesional terhadap profesinya. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan kebanggaan dirinya sebagai tenaga profesional, usaha terus-menerus untuk mengembangkan kemampuan profesional, dst. (Sumber Artikel) 

Profesionalisme merupakan suatu tingkah laku, suatu tujuan atau suatu rangkaian kwalitas yang menandai atau melukiskan coraknya suatu “profesi”. Profesionalisme mengandung pula pengertian menjalankan suatu profesi untuk keuntungan atau sebagai sumber penghidupan. (Sumber Artikel)

Kesimpulan Penulis :

Berdasarkan pada tulisan yang diambil dari beberapa artikel dapat disimpulkan :

  1. Etika merupakan suatu hal yang harus dikuasai karena etika merupakan penilaian yang diambil dari tingkah laku manusia terhadap orang lain atau suatu keadaan.
  2. profesi dan profesionalisme adalah dua hal yang harus diselaraskan karena profesionalisme dapat memengaruhi bagaimana orang tersebut berkarir dalam suatu profesi dan mendapat kepercayaan untuk memegang profesi tersebut.
  3. Profesionalisme merupakan suatu rangkaian tingkah laku yang dapat mendeskripsikan corak suatu profesi guna menjalankan suatu profesi agar dapat meraih keuntungan atau tujuan dari profesi tersebut.
Reza Ardiyansah
15110792
Etika & Profesionalisme

0 comments:

Posting Komentar