Information for Human being

Gallery

Minggu, 07 November 2010

On 04.19 by Reza Ardiyansah in    1 comment
 
Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan tentang  cara / sistem kerja pada ATM atau kepanjangan nya “Automatic Teller Machine”.
Sebelumnya pasti anda telah mengetahui dong apa itu ATM .. ?
ATM adalah singkatan dari Automatic Teller Machine, maksud nya adalah sebuah mesin yang digunakan untuk melakukan proses transaksi dengan bank, tanpa harus mendatangi bank yang bersangkutan. ATM sangat mempermudah proses transaksi, karena Segala transaksi Sudah dapat kita lakukan Pada mesin ini, seperti transfer uang, membayar tagihan, menarik tunai, menabung, membeli produk – produk, dan lain lain.
Oke langsung saja, pertama Jika kita ingin bertransaksi dengan menggunakan mesin ini, langkah pertama yg kita lakukan adalah memasukan kartu ATM ke lubang kartu yang telah di sediakan.
Apabila kartu sudah dimasukan, maka Magnetic Card Reader yang ada di dalam Mesin ATM ini akan membaca kartu ATM anda. Fungsi Magnetic Card Reader itu sendiri ialah untuk membaca data-data yang ada di dalam kartu ATM, kemudian mengkomputerisasikan kedalam pihak bank yang bersangkutan. Namun Magnetic Card Reader tidak mampu untuk menyimpan data-data yang terbaca dari Kartu ATM, oleh karena itu Magnetic  Card Reader Hanya diberikan memory yang sedikit.
Setelah itu, Mesin ATM akan meminta PIN Kartu ATM. PIN singkatan dari “Personal Identification Number”, yang artinya Sebuah kode yang dibuat oleh nasabah bank untuk masuk kedalam proses transaksi, PIN adalah bukti akan Kebenaran keberadaan Nasabah. Kemudian PIN yang di input oleh nasabah akan di verifikasikan oleh mesin ATM. Jika benar maka nasabah dapat melakukan transaksinya, jika salah maka nasabah tidak dapat melakukan transaksinya. Biasanya pihak bank memberikan 3 kesempatan jika nassabah salah menginput PIN nya. Jika salah lebih dari yang di tentukan oleh pihak bank, maka Kartu ATM Nasabah tersebut dapat di Blokir. Nah karena PIN itu di buat olah nasabah itu sendiri, maka Nasabah bertanggung jawab Penuh Terhadap PIN nya. Banyak sekali kejadian berbahaya yang dapat berpengaruh buruk terhadap uang yang kita simpan.
Oleh karena itu, kita sebagai nasabah harus pandai menjaga PIN kita dengan cara :
·         tidak memberitahukan kepada orang lain apa kode pin kita,
·         buatlah PIN yang sulit (tidak mudah ditebak),  dengan tanggal juga boleh, tetapi usahakan jangan  tanggal lahir, tapi tanggal yang menurut anda spesial yang akan anda selalu ingat, tetapi orang lain tidak akan mengetahuinya.
·         Setelah saya telusuri, bahwa ketika anda selesai melakukan transaksi, anda jangan langsung beranjak dari mesin ATM, tetapi yang anda lakukan adalah anda masukan kartu anda lagi, kemudian masukan PIN sembarang. Kemudian akan muncul pesan 3 kali salah akan di blokir, anda langsung tekan CANCEL.
Sekian tulisan yang saya buat tentang cara / sistem kerja pada mesin ATM, semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya, akhir kata
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nama : Reza Ardiyansah
Kelas  : 1 KA 25
NPM  : 15110792

1 komentar: