Information for Human being

Gallery

Sabtu, 27 November 2010

On 08.52 by Reza Ardiyansah   No comments

Assalamualaikum Wr. Wb.
Kali ini di dalam tulisan yang saya buat saya akan membahas tentang INTERNET.
Sebenarnya kata internet adalah singkatan kata inter-network, dan kalau diperhatikan dari kata inter-network tentunya sudah ada gambaran kira-kira apa pengertian internet itu bukan ? Inter yang berarti Antar sedangkan Network yaitu Jaringan. Namun internet memiliki definisi atau pengertian, yaitu : jaringan komputer yang menguhubungkan pemakai komputer yang satu dengan pemakai komputer yang lain, dari Negara yang satu dengan Negara yang lain di seluruh dunia, yang melayani berbagai fasilitas layanan informasi.
Internet  memiliki fasilitas layanan  informasi seperti :
  • Browsing , kalau istilah dalam bahasa indonesia yaiut berselancar di internet. Kegiatan ini di umpamakan seperti kita sedang  jalan-jalan di pusat-pusat perbelanjaan melihat toko-toko, hanya saja kita Cuma melihat-lihat saja, tanpa beli apa-apa. Namun untuk browsing kita membutuhkan software browser. Seperti Internet Explorer, Mozila Firefox, Flock, Google Chrome, dan lain lain.
  • E-mail (Electronic Mail)  digunakan untuk kirim pesan / surat satu dengan yang lain, tanpa dibatasi ruang & waktu bahkan aturan maupun birokrasi. Selain untuk mengirim surat e-mail juga berfungsi untuk mengirim data melalui attachment. Contohnya seperti jasa e-mail berbasis web yahoo mail.
  • Chating digunakan untuk berbicara , berkomunikasi, interaksi secara virtual, baik melalui text, audio maupun video. Biasanya yang seperti ini ada di situs jaringan sosial.
  • Download dan Upload digunakan memindahkan file-file dari komputeryang satu  ke komputer yang lain.
  • Bermain game online.
  • Berbisnis secara online.
  • Ikut forum online.

Nah, intinya adalah untuk dapat melakukan kegiatan yang saya sebutkan diatas, kita membutuhkan internet. Nah internet darimana ?
Kita bisa mendapatkan koneksi internet dengan berlangganan ISP dengan menggunakan Modem. Baik modem rumahan ataupun modem USB. Selain itu, kita juga bisa dapat koneksi internet secara gratisan. Seperti Hot spot, hot spot menggunakan Wi-Fi (wireless) nah dengan wireless kita menghubungkan wifi kita dengan server. Tetapi ini hanya berlaku terhadap komputer yang memiliki fitur Wi-fi. Jika tidak, maka kita tidak dapat menikmati fasilitas yang satu  ini.
Sekian tulisan yang saya buat tentang pengertian INTERNET. Bila ada kekurangan mohon di maklumi.
Akhir kata, Wassalamualaikum Wr. Wb.
Reza Ardiyansah
15110792
1 KA 25

0 comments:

Posting Komentar