Information for Human being

Gallery

Minggu, 01 April 2012

On 08.08 by Reza Ardiyansah   No comments


Assalamualaikum ^_^ ..
 

          hotspot? pasti nya anda telah mengetahui kan dengan istilah yang sangat terkenal itu..apa sih hotspot itu ? hot = panas, dan spot=daerah/wilayah.. wahh bukan itu maksudnya kawan.. :hammer

          jadi istilah hotspot itu dalam ilmu teknologi jaringan adalah suatu wilayah tertentu yang memiliki sebuah jaringan internet yang di pancarkan oleh media pemancar sinyal, salah satunya seperti router yang kita semua telah ketahui. pemancar ini biasa disebut dengan jaringan nirkabel atau dalam bahasa inggrisnya adalah wireless yang artinya tanpa kabel. kebanyakan orang (terutama user yang tidak memang tidak ingin mengeluarkan banyak biaya lg untuk membeli paket internet) mengeluh, termasuk saya sendiri, menggunakan android phone tetapi saya tidak ingin membeli/berlangganan paket internet untuk mendownload game-game seru :D. karena saya memiliki internet, jadi kasian dong kalo internetnya nganggur gitu aja :D



oke.. yang sekarang mau saya bahas disini adalah gimana sih caranya kita bikin jaringan tersebut tanpa harus menggunakan/membeli router tersebut ? oke tanpa berlama-lama langsung saja saya jelaskan caranya.. dalam pembahasan ini OS yang saya gunakan adalah windows

alat-alat yang dibutuhkan :

  • Laptop yang memiliki fasilitas Wi-fi (ya iya lah)
  • laptop yang nantinya akan menjadi client untuk test koneksinya (tentunya memiliki fasilitas Wi-fi juga :P)
  • koneksi internet yang nantinya akan disharing (kalau saya memakai provider Smrtfrn(sensor dikit :D).
  • Listrik (:hammer).

langkah pertama untuk laptop yang akan dijadikan servernya harus memiliki minimal 1 jaringan ad hoc, untuk membuat ad hoc OS anda setau saya harus lah Windows XP, 7 ultimate version, karena versi sebelumnya tidak menyediakan fasilitas connection sharing. untuk cara pembuatan jaringan ad hoc dapat dilihat dalam postingan saya Disini .



jika anda telah memiliki jaringan ad hoc maka langkah selanjutnya adalah anda klik pada tray icon jaringan kamudian klik open network and sharing center seperti pada gambar berikut :
 kemudian ketika muncul jendela baru seperti ini :
anda pilih dan klik "change adapter setting" maka akan muncul jendela baru seperti berikut :
 Pilih dimana koneksi internet yang akan dibagi, misal disini:
EVDO Rev A USB Modem Wireless Terminal > Klik Kanan > Properties
1) Pilih Tab: Sharing
2) Centang: Allow other network...
3) Pada bagian Home Networking connection, pilih: Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter* kalo profile bisa saja: "Wireless Network Connection 2" atau yg lain yg penting adapternya = "Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter" > bs dilihat diproperti koneksi.
4) OK

kemudian anda buka command promt, namun kita membukanya dengan pada start menu, pada kotak search kita ketik cmd, kemudian klik kanan run as administrator.
kemudian pada command prompt kita masukan perintah berikut :
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid="Rz" key=pinksofaraway & netsh wlan start hostednetwork

 *keterangan : mode = allow (artinya kita mengijinkan untuk sharing koneksi internet kemedia lain, ssid=Rz (artinya adalah identitas jaringannya bernama Rz atau disesuaikan, dan key=pinksofaraway (yang artinya password dari jaringan yang telah kita buat.).

maka jika sudah bisa maka tampilan nya adalah sbb :

silahkan connect dengan media lain, apabila masih blum bisa connect coba lebih teliti lagi dalam tahap-tahap yang sebelumnya..
jika kita sudah selesai, untuk menghentikan/menghilangkan connection sharing (hotspot nya) dapat menggunakan perintah berikut :
 netsh wlan stop hostednetwork
maka tampilan saat proses dihentikan sebagai berikut :

Selamat mencoba ^__^v

0 comments:

Posting Komentar