Information for Human being

Gallery

Minggu, 01 April 2012

On 06.22 by Reza Ardiyansah   No comments
       

        Assalamualaikum ^_^
untuk membuat jaringan ad hoc dalam penjelasan ini saya menggunakan OS Windows 7 Ultimate, disarankan untuk memakan Win 7/ XP ultimate version karena versi dibawahnya tidak menyediakan layanan network sharing .. :)

tanpa berlama-lama langsung aja saya jelaskan langkah-langkah membuat nya :


- pertama anda menuju ke taskbar kemudian pada tray anda klik icon jaringan kemudian klik open network and sharing center.


- kemudian jika muncul jaringan baru, maka kita klik manage wireless network (ada di sebelah kiri), kemudian muncul jendela berikut :

jika sudah tampil, langkah selanjutnya kita klik button "Add" kemudian ikuti langkah selanjutnya :
 
pilihan pertama adalah membuat jaringan secara manual, dan yang kedua membuat jaringan ad hoc. maka kita pilih opsi ke 2 yaitu "create an ad hoc network.

kemudian akan tampil jendela baru yang isinya adalah pengertian dari ad hoc..
kita langsung klik button Next saja ..


kemudian muncul jendela baru seperti berikut :


pada label network name kita isikan nama untuk jaringan ad hoc yang kita buat.. namanya terserah anda, untuk contoh diatas saya beri nama Rz. kemudian pada label Security Type adalah memilih tipe keamanan jaringan tersebut, ada 3 pilihan dalam combobox tersebut, no authentication atau tak ada otentikasi, artinya keamanan jaringan anda sangat lemah, dalam artian jaringan anda dibuka untuk umum. saya sarankan anda memilih tipe keamanan jaringan yang WPA2-personal.

kemudian pada label security key kita masukan layaknya password, maka ketika orang lain ingin mengakses/menghubungkan komputernya ke jaringan adhoc anda, maka orang itu harus menginputkan password dahulu, jika tidak bisa maka tidak bisa masuk, pada checkbox hide character berfungsi untuk menyembunykan karakter password tersebut, di dalam gambar saya uncheck maka terlihat tulisan pinksofaraway yang artinya karakter tersebut adalah password jaringan ad hoc saya. kemudian jangan lupa untuk check Save this network yang artinya anda menyimpan jaringan yang anda buat, sehingga saat anda menonaktifkan laptop anda jaringan tersebut tetap ada dan anda tidak perlu membuatnya lagi secara berulang-ulang.


jika sudah klik button next, tunggu beberapa saat, maka jendela baru akan muncul sebagai berikut :
pada window diatas menandakan bahwa jaringan ad hoc yang kita buat sudah dapat digunakan. klik close untuk keluar dari window tersebut.


untuk memeriksa apakah memang sudah terbuat, anda dapat mengklik icon di tray seperti sebelumnya maka akan tampil sebagai berikut :
dengan muncul nya jaringan Rz, maka sudah dipastikan jaringan ad hoc anda dapat terdeteksi oleh pc/laptop lain..

0 comments:

Posting Komentar